Chat Commerce Embedded Sign Up

Pendaftaran akun WhatsApp Business API dengan menggunakan pop-up yang disediakan facebook pada halaman SIRCLO Store

Berikut beberapa langkah untuk melakukan pendaftaran Chat Commerce:

  1. Dari admin panel website pada halaman beranda > Highlight Chat Commerce > Klik pada Pelajari Lebih Lanjut.

  2. Anda akan diarahkan pada halaman informasi mengenai Chat Commerce untuk mengetahui lebih lanjut. Bila Anda tertarik, klik pada Daftar Sekarang.
  3. Anda kemudian akan diarahkan untuk mengetahui persyaratan pendaftaran dari WhatsApp. Bila anda sudah memiliki setiap persyaratan tersebut anda bisa langsung memulai pendaftaran dengan klik pada Daftar Sekarang.
  4. Anda akan mendapatkan pop-up dari Facebook untuk melakukan login atau membuat akun baru. Bila Anda ingin menggunakan akun Facebook baru, Anda perlu menunggu 1 jam hingga dapat membuat akun Facebook Bisnis.



  5. Bila Anda telah berhasil login ataupun membuat akun Facebook, Anda akan diminta untuk memberikan izin kepada SIRCLO untuk bertindak sebagai Business Solution Provider. Bila Anda menyetujui klik Continue
  6. Selanjutnya, Anda dapat memilih a) Hubungkan akun Facebook Business Manager Anda atau b) Buat akun baru.

    a. Pilih akun Facebook Business Manager yang ingin Anda gunakan > Klik Continue 

    b. Klik pada Create new Facebook Business Account > Klik Continue > Isi sesuai data bisnis Anda > Klik Continue

  7. Anda akan diarahkan membuat nama tampilan untuk WhatsApp Business Profile Anda. Ketikkan nama yang ingin anda gunakan > pastikan sudah sesuai dengan guideline > Klik Continue.
    *Perhatikan: Display name yang tidak sesuai dengan guideline memiliki kemungkinan untuk tidak disetujui oleh pihak Facebook dan perlu melakukan pengajuan ulang.


  8. Selanjutnya, pilih Kategori Bisnis > Berikan Deskripsi Bisnis > Klik Continue.

  9. Selanjutnya a) Pilih nomor handphone yang ingin anda gunakan atau b) Daftarkan nomor baru.

    *Mohon Diperhatikan
    • Nomor yang digunakan untuk WhatsApp Businesss API tidak lagi dapat digunakan kembali pada aplikasi WhatsApp Individu atau Whatsapp Business biasa.
    • Jika Anda ingin menggunakan nomor yang sudah terdaftar pada Whatsapp mohon lakukan backup data terlebih dahulu serta Anda perlu delete account yang terdaftar pada Whatsapp.Selanjutnya, Anda dapat memilih a) Pilih nomor handphone yang ingin anda gunakan atau b) Daftarkan nomor baru.
      Pilih nomor handphone yang terdaftar pada Facebook Business Account anda > Klik Continue.

      A) Pilih nomor handphone yang terdaftar pada Facebook Business Account anda > Klik Continue
      B) Klik pada Register a new number on WhatsApp > Ketikkan nomor handphone yang ingin Anda gunakan > Klik Continue

  10. Verifikasi nomor handphone yang Anda pilih via SMS atau panggilan suara. Cek SMS atau panggilan suara pada perangkat yang menggunakan nomor terpilih > Isi OTP yang diterima > Klik Verify.

  11. Pendaftaran selesai Chat Commerce telah selesai dan akun anda akan diproses oleh SIRCLO untuk dapat login pada dashboard dan sudah dapat menikmati akses trial. Klik OK untuk melanjutkan.

  12. Anda akan dikembalikan pada admin panel SIRCLO dengan tampilan berikut. Anda akan dapat login pada Chat Commerce dashboard setelah 30-60 menit. Untuk melakukan pengecekan apabila akun sudah terbuat, Anda dapat klik pada Chat Commerce Dashboard.

  13. Masukkan email dan password sama seperti yang Anda gunakan pada login toko untuk dapat menikmati Chat Commerce. Kemudian klik Masuk.



  14. Anda dapat menikmati masa trial. Untuk mendapatkan akses penuh, Anda perlu melakukan verifikasi bisnis Anda pada Facebook Business Manager.


 

Perlu diperhatikan beberapa hal selama akun berada pada mode trial:

  • Trial berlaku selama 30 hari
  • Percakapan yang dimulai oleh Pembeli tidak ada batasan
  • Akun trial hanya bisa handle 10 customer initiated conversation selama 24 jam, begitu seterusnya setiap hari. Serta merchant tidak bisa mengirim template message lebih dari 2x. Lebih dari itu semua akan gagal.
  • Percakapan dimulai oleh Pengguna
    Percakapan satu arah, seperti notifikasi pesanan diterima yang dapat dilakukan dengan pesan template. Dibatasi dengan ketentuan berikut:
  • Nomor handphone: 2
  • Jumlah pesan: 1

    Untuk meminta bantuan dalam proses verifikasi bisa dilakukan pada link berikut


INFO:

Pertanggal 3 Mei 2022, SIRCLO Chat sudah tidak memberlakukan Trial Mode. Semua user baru yang terdaftar setelah tanggal tersebut akan mendapatkan akses penuh WhatsApp Business API dan dapat mengirimkan pesan kepada 50 orang/hari.