Setup Google Tag Manager

Google Tag Manager adalah alat bantu yang dibuat untuk memudahkan pengelolaan tag pada sebuah website agar pemilik website dapat dengan mudah mengamati perilaku pengunjung halaman website.

Google Tag Manager merupakan tool yang dikembangkan oleh Google guna mengelola semua tag yang terdapat di dalam website. Tag sendiri merupakan kode atau script yang berfungsi untuk melakukan pelacakan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh pengunjung sebuah website. Berikut langkah-langkah untuk memasang Google Tag Manager di website Anda:

  1. Kunjungi website Google Tag Manager,
  2. Log in menggunakan akun Google yang sudah Anda miliki sebelumnya. buatlah akun baru jika Anda tidak mempunyai Akun Google.
  3. Setelah proses login berhasil, Anda akan diarahkan menuju dashboard Google Tag Manager. Klik pada tombol “Create Account”.
    img-semblog
  4. Kemudian isi formulir pembuatan akun yang diminta, seperti nama akun, negara, nama penampung dan platform target.
    1. Isi Nama penampung dengan domain website anda
    2. Pilih Platform target dengan opsi Web.
  5.  Setelah selesai mengisikan formulir, klik pada tombol “Buat”


  6. Anda akan dihadapkan dengan syarat dan ketentuan penggunaan yang dimiliki oleh Google Tag Manager, Mohon di baca dengan seksama syarat dan ketentuan tersebut dan centang pada kotak persetujuan di bawah.
    Klik tombol “Ya” atau "Yes" yang ada di bagian sudut atas halaman.


  7. Pada dashboard Google Tag Manager, salin ID Google Tag Manager yang akan digunakan untuk melakukan integrasi pada dashboard SIRCLO.


  8. Kemudian login ke dalam halaman admin panel website SIRCLO, pilih menu Pemasaran dan klik Iklan / Campaign untuk menuju halaman pengaturan dan integrasi Google Tag Manager.

  9. Pada bagian Google Tag Manager input ID Google Tag Manager yang sudah disalin. Klik tombol “Perbarui” untuk melakukan integrasi Google Tag Manager pada website anda.




  10. Proses setup Google Tag Manager anda sudah selesai, untuk dapat mengetahui GTM yang di integrasikan sudah bekerja dapat menggunakan extension Tag Assistant Legacy (By Google pada browser yang digunakan.

  11. Untuk Pengecekan pada extension, pastikan tanda Bintang sudah di aktifkan menjadi warna kuning.