Sinkronisasi Produk dari Marketplace

Setelah berhasil mengintegrasikan marketplace Anda dengan SIRCLO Store Website, Anda dapat mengelola produk dari tiap marketplace di dashboard SIRCLO Store Website.

Flow

A. Import Produk dari Marketplace

Sinkronisasi Marketplace dilakukan ke menu Katalog > Daftar Produk > Sinkronkan Produk > Sinkronkan Semua atau Sinkornkan masing-masing Marketplace yang ingin dipilih


Setelah selesai sync produk, maka daftar produk dan jumlah stok tersedia dari marketplace Anda akan ada di daftar produk dashboard SIRCLO Store Website dan anda dapat mengelola produk dari SIRCLO Store Website. 

B. Mengaktifkan Sinkronisasi Stok 

Sinkronisasi stok merupakan fitur SIRCLO Store yang berguna untuk mengatur stok secara otomatis ketika terdapat pembelian dari setiap channel penjualan produk tersebut.
Untuk Detailnya, Anda dapat melihat di sini.

Untuk mengaktifkan Sinkronisasi Stok, Anda dapat mengikuti langkah - langkah di bawah ini :

  1. Buka halaman Katalog > Daftar Produk > Pada salah satu produk, kemudian klik icon drop. 



  2. Selanjutnya, klik Atur dan pilih Edit Harga & Stok kotak, slide Sinkronkan stock varian hingga berwarna biru untuk mengaktifkan sinkronisasi stok > Jika berhasil, Terdapat keterangan "Berhasil mengaktifkan sync stok"  yang menunjukan sinkronisasi stok akan menjadi aktif untuk seluruh varian dari produk tersebut.




  3. Untuk mengaktifkan ataupun mengnonaktifkan sinkronisasi stok di level SKU / varian, klik tombol Sales Channel , kemudian klik slider sync stock di kanan atas.


C. Update Stok Produk 

Sebelum melakukan update data produk, pastikan produk Anda memiliki kode SKU dan kode SKU setiap produk pada semua marketplace sama agar terdaftar menjadi 1 produk di dashboard SIRCLO Store Website. SKU wajib di isi termasuk jika di Marketplace terdapat field SKU induk. Untuk Melihat panduan Menambahkan SKU produk di Marketplace klik disini.

Jika nama produk berbeda tetap akan menjadi 1 produk di dashboard SIRCLO Store Website selama SKU tersebut sama.

Jika ada kode SKU yang sama di marketplace yang berbeda, namun jumlah stoknya berbeda, maka stok terbesar yang terambil. Namun jumlah produk yang terjual menyesuaikan data stok dijual.

Contoh: 

SKU ABC01

Stock Tokopedia: 20

Stock Shopee: 15

Ketika masuk ke dashboard SIRCLO Store Website menjadi:

SKU ABC01

Stock tersedia: 20

Stock dijual Tokopedia: 20

Stock dijual Shopee: 15

Sync stock: aktif

Langkah pertama, memahami fungsi Tombol Sinkronkan Stok Varian. Berikut fungsi dari Sinkronkan Stok Varian :

  • Tombol Sinkronkan Stok Varian, maka stock yang ada di webstore dan marketplace yang terintegrasi akan sama.
    Contoh : Stok Gudang 50, dan stok cadangan 2, maka pada Bukalapak & Shopee Stok Alokasi tidak boleh lebih dari 48 dikarenakan stok yang tersedia adalah stok pada gudang-Stok Cadangan.



Untuk update stok pada dashboard SIRCLO ada dua cara dan anda dapat pilih salah satu.

Cara Pertama:

  1. Anda dapat klik Per Toko Isi Stok Gudang dan Stok Cadangan (optional) dan Stok Alokasi (Stok yang akan dijual di Marketplace) >  Simpan.

Berikut cara Kedua:

  1. Cara yang kedua, Anda dapat klik Atur pada produk > Edit Produk,  Pada Channel Produk isi Stok Alokasi, hal ini dilakukan di semua Channel Produk > Simpan.
     

D. Tambah Channel 

Anda dapat menambah channel penjualan dari produk yang sudah di tersinkronisasi dari marketplace untuk bisa terintegrasi.

  1. Ke Katalog > Daftar Produk Pilih Produk yang akan di tambahkan channel > klik Edit Produk.
  2. Klik Tambah Channel Produk > Pilih Channel Penjualan > Klik Tambah.
  3. Selanjutnya lengkapi informasi produk yang dibutuhkan dari setiap channel penjualan seperti Kategori, Brand (jika tidak ada tick set sebagai tidak ada brand), Shelf Life hingga jumlah stok yang dijual.

  4. Simpan
  5. Anda dapat melihat status produk tersebut dengan kembali ke Katalog > Daftar Produk > Pilih Produk > Klik Dropdown Klik Per Toko.
    Status Produk berwarna Kuning, Produk sedang Proses penambahan ke Marketplace dan Status Produk berwarna Hijau, Produk sudah Aktif di Marketplace.

 

Anda dapat pula menambahkan produk yang sudah Anda upload ke marketplace ke dalam webstore dengan cara sebagai berikut :

1. Ke Katalog > Daftar Produk Pilih Produk yang akan di tambahkan channel > klik Edit Produk.

2. Lalu klik Channel Produk > klik tanda + 

3. Lalu pada tampilan berikut, tick/checklist nama webstore Anda dan klik Pilih Toko

4. Masukan kategori, varian (jika ada), stok alokasi, dan harga, lalu Simpan   

5. Maka nanti produk yang sebelumnya hanya ada pada Marketplace kini sync pada webstore Anda.

Info Tambahan:

  • Update penamaan SKU yang dilakukan via Marketplace akan menjadi SKU varian baru di dashboard SIRCLO Store Website dan tetap menjadi 1 produk.
    Sehingga tidak disarankan jika melakukan  perubahan SKU dari Marketplace.
  • Tidak bisa custom varian (penambahan varian di tipe varian yang sama) pada Proses penambahan produk Channel Penjualan  Tokopedia. Disarankan untuk menambahkan produknya dulu di Marketplace lalu di Sinkronisasi di admin panel SIRCLO.
  • Saat akan melakukan sync product, sync stock harus aktif agar tidak terjadi masalah terhadap jumlah stok yang ada. Akan ada konfirmasi untuk tetap melanjutkan proses sync product atau tidak.
  • Jika jumlah stock yang di import lebih besar, stock tersedia = stock yang di import.
  • Jika jumlah stock tersedia lebih besar, tidak merubah stock tersedia.