Traveloka Paylater

Flow 1 : Aktivasi Traveloka Paylater

Sebelum mengaktifkan Traveloka Paylater, Anda diwajibkan untuk memiliki akun Midtrans terlebih dahulu. 

  • Pada menu Atur Webstore > Pembayaran, Anda dapat klik tombol Tambah untuk menambahkan jenis pembayaran.

  • Pilih jenis pembayaran Payment Gateway

  • Pilih metode pembayaran menggunakan payment gateway Midtrans

  • Mengisi formulir Informasi Gateway dan mencentang box ‘Allow customer to use Midtrans SNAP?’

  • Selanjutnya Anda dapat scroll ke bawah dan mencentang box Enable Traveloka Paylater? lalu klik Simpan

  • Metode pembayaran Traveloka Paylater sudah tampil di menu Atur Webstore > Pembayaran

  • Pada website Anda, Traveloka Paylater akan tampil sebagai metode pembayaran yang direkomendasikan

paylater7

Flow 2: Charging Fee to Customer

2.1 Charge Default Fee to Customer

Untuk menggunakan fee sesuai default dari Traveloka Paylater, Anda hanya perlu mencentang box Charge Traveloka Paylater Fee to Customer melalui pengaturan payment gateway Midtrans pada halaman Atur Webstore > Pembayaran. Fee yang akan dikenakan kepada pembeli sesuai dengan perhitungan (2.9% x harga barang) + Rp 2000. Lalu klik Simpan untuk menyimpan perubahan.

Pada website Anda, Pembeli mendapat keterangan payment fee sesuai dengan perhitungan tersebut

paylater8

2.2 Charge Fixed Fee to Customer

Untuk mengenakan fixed fee, Anda perlu mencentang box Charge Traveloka PayLater Fee to Customer dan memasukkan nilai fee dalam rupiah melalui pengaturan payment gateway Midtrans pada halaman Atur Webstore > Pembayaran. Fee yang akan dikenakan kepada Pembeli sesuai dengan perhitungan Fixed Fee + (2.9% x harga barang). Lalu klik ‘Simpan’ untuk menyimpan perubahan.

Pada website Anda, Pemilik mendapat keterangan payment fee sesuai dengan nilai yang ditetapkan oleh Anda

paylater9

2.3 Charge Percentage Fee to Customer 

Untuk menggunakan percentage fee, Anda perlu mencentang Charge Traveloka PayLater Fee to Customer dan masukkan nilai fee dalam persentase melalui pengaturan payment gateway Midtrans pada halaman Atur Webstore > Pembayaran. Fee yang akan dikenakan kepada Pembeli sesuai dengan perhitungan (Percentage Fee (dalam %) x harga barang) + Rp 2000. Lalu klik Simpan untuk menyimpan perubahan.

Pada website Anda, Pembeli mendapat keterangan payment fee sesuai dengan nilai yang ditetapkan oleh Anda

paylater10

2.4 Charge Fixed Fee + Percentage Fee to Customer 

Untuk menggunakan percentage fee, Anda perlu mencentang Charge Traveloka PayLater Fee to Customer dan memasukkan nilai fee dalam rupiah dan persentase melalui pengaturan payment gateway Midtrans pada halaman Atur Website > Pembayaran. Fee yang akan dikenakan kepada pembeli sesuai dengan perhitungan Fixed Fee + (Percentage Fee (dalam %) x harga barang). Lalu klik Simpan untuk menyimpan perubahan.

Pada website Anda, Pembeli mendapat keterangan payment fee sesuai dengan nilai yang ditetapkan oleh Anda

paylater12

2.5 Tidak Menggunakan Charge Fee to Customer 

Apabila Anda tidak ingin mengenakan biaya transaksi ke Pembeli, maka Anda perlu memastikan Charge Traveloka PayLater Fee to Customer tidak tercentang melalui pengaturan payment gateway Midtrans pada halaman Atur Webstore > Pembayaran. Lalu klik Simpan untuk menyimpan perubahan.

Pada website Anda, Pembeli mendapat keterangan payment fee sebesar Rp 0.

paylater13

Flow 3: Melakukan Order dengan Traveloka Paylater

Pembeli dapat melakukan pemesanan seperti biasa. Pada halaman pilihan pembayaran, Pembeli akan melihat Traveloka Paylater sebagai metode pembayaran yang direkomendasikan. Selain itu, Pembeli juga dapat melihat payment fee yang dibebankan pada transaksinya (pada contoh menggunakan default fee). Pembeli juga mendapat peringatan bahwa transaksi Traveloka Paylater hanya dapat digunakan untuk nominal Rp 50.000 ke atas. Apabila Pembeli belum memiliki Traveloka Paylater, Pembeli dapat klik link yang sudah disediakan.

paylater14

Setelah itu, Pembeli dapat menekan tombol Pay dan diarahkan ke halaman pembayaran Midtrans. Traveloka Paylater hanya dapat menggunakan kartu kredit dengan BIN (Bank Identification Number) yang dimulai dengan angka 531571. Selanjutnya, Pembeli dapat menekan tombol Bayar Sekarang dan akan diarahkan ke pembayaran berhasil.

paylater15