Ubah Produk Massal Tampilan Baru SIRCLO

Sekarang, anda dapat mengubah informasi produk, harga, dan stok ke channel penjualan Webstore dan mengubah stok penjulaan ke Marketplace secara massal.

Ubah produk massal adalah fitur  tersedia bagi pengguna mulai dari paket Basic ,dimana pengguna SIRCLO Store 2.0 dapat melakukan perubahan massal data produk dengan menggunakan file excel. Untuk menggunakan fitur ini, dapat ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik menu produk di sidebar, kemudian klik Katalog > sub-menu Ubah massal.
  2. Pilih channel penjualan SIRCLO Store , kemudian > klik 'Masuk ke daftar produk' untuk diarahkan ke halaman product list untuk melakukan ekspor produk.



  3. Ekspor produk - produk yang ingin diubah detailnya secara massal, lalu klik > Export Produk.


  4. Setelah proses ekspor produk  selesai, unduh file tersebut dari halaman riwayat ekspor.
    Pilih Laporan > Riwayat Ekspor > Unduh



  5. Kemudian buka file excel dan ganti informasi produk yang ingin diubah. 


    Berikut kolom - kolom data produk hasil ekspor yang dapat diubah menggunakan fitur Ubah Massal , kecuali tertulis sebaliknya.
    1. BrandID: Brand (Nama) dari toko anda (Tidak dapat diganti)
    2. NamaProduk : Nama produk
    3. Deskripsi : Deskripsi Produk
    4. SKU: SKU dari suatu varian produk
    5. OpsiVarian1 & OpsiVarian2 : Pilihan Varian 1 dan Pilihan Varian 2 yang terdapat di SIRCLO Webstore. Untuk Produk hasil import marketplace yang tidak dijual di Webstore, pengguna harus menambahkan isi kolum ini secara manual
    6. Kategori : Kategori produk yang terdapat di SIRCLO Webstore. Untuk Produk hasil import marketplace yang tidak dijual di Webstore, pengguna harus menambahkan isi kolum ini secara manual
      1. untuk multi-level kategori, dapat ditulis dengan notasi Parent Category> Child Category> Grandchild Category
        Contoh: Sale>Baju>Baju Polo
      2. Untuk produk yang memiliki beberapa kategori, dapat dipisah dengan symbol ; (titik koma / semicolon) (Category 1; Category 2; Category 3)
        Contoh: Sale>Baju; Pria> Celana; Wanita> Blouse
    7. ProdukAktif : status penerbitan produk, TRUE = Produk Aktif sedangkan FALSE = Produk Nonaktif
    8. TinggiPaket, PanjangPaket, LebarPaket, dan VolumeUnit: Panjang , Lebar, Tinggi, dan satuan volume produk. Digunakan untuk menghitung ongkos kirim
    9. BeratPaket dan SatuanBeratPaket: Berat beserta satuan yang digunakan untuk suatu produk. Digunakan untuk menghitung ongkos kirim
    10. Foto : Link dari foto produk (Tidak dapat diganti menggunakan Excelklik disini untuk pelajari lebih lanjut cara mengubah foto produk secara massal)
    11. Channel Penjualan: list channel penjualan tempat suatu produk dijual
    12. SyncStock: isi TRUE untuk menunjukan aktifkan sync stock dan isi FALSE untuk mengnonaktifkan sync stock
      1. Jika sync stock aktif, maka setiap stok marketplace tidak boleh melebihi kuantitas StokGudang
      2. Jika sync stock tidak aktif, maka total jumlah stok marketplace tidak boleh melebihi kuantitas AvailableStock namun bisa lebih sedikit dari kuantitas StokGudang.
    13. StokGudang : Stok tersedia untuk seluruh channel penjualan dari suatu produk. Juga bertindak sebagai stok SIRCLO Webstore
    14. SircloStock, Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Bukalapak, Zalora, Zilingo: Stok Dijual di setiap channel penjualan. Secara default, sistem akan mengekspor semua channel penjualan yang terdapat di SIRCLO Store.
      1. Jika produk tersebut tidak dijual di suatu channel marketplace, maka di kolum stok marketplace tersebut tidak akan memiliki angka (kosong)
      2. Pengguna hanya dapat merubah stok ke marketplace yang sebelumnya sudah terintegrasi dengan akun SIRCLO Store dan sudah ditambahkan ke produk yang diinginkan
    15. StokCadangan : Stok ekstra untuk mengurangi risiko overselling
  6. Selanjutnya, pastikan file excel sudah memiliki detail yang sesuai dan akurat sebelum menyimpan file tersebut. Setelah menyimpan, maka kembali ke menu Produk -> Ubah Massal , kemudian klik tombol 'Pilih' di menu file excel untuk mengunggah file.


  7. Klik unggah setelah file excel sudah berhasil dipilih


  8. Sistem kemudian akan melakukan pengecekan file Excel . Jika sudah tidak ada error terdeteksi oleh sistem, maka klik tombol 'Pratinjau Produk'.
  9. Jika detail produk yang terdapat di halaman pratinjau produk sudah sesuai, maka lanjutkan proses ubah massal dengan klik tombol ' terapkan sebagai produk'.


  10. Tunggu beberapa menit untuk menunggu perubahan yang dilakukan oleh sistem. Perlu diperhatikan bahwa semakin besar file excel, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk sistem melakukan ke produk yang diubah. Silahkan cek progress proses ubah massal lewat menu Katalog -> Riwayat Unggah ,kemudian cek status dari file tersebut.


  11. Selesai.

*Untuk mengubah gambar, silahkan gunakan fitur terpisah , yaitu Ubah Massal Gambar menggunakan file .zip . File Excel pada kolom images. Panduannya dapat di klik disini.